Dewa Cinta

8 Kebiasaan Yang Merusak/Memperburuk Kesehatan

Posted on: Juni 24, 2009

Apakah anda benar-benar telah melakukan hal-hal yang dapat mengurangi risiko kanker, sakit jantung, dan kesehatan lainnya ? Bila anda tidak jauh berbeda dengan wanita lain umumnya mungkin ada beberapa hal dari kebiasaan kesehatan yang perlu sedikit dibenahi.

Infeksi Jamur

Tahukah anda, celana dalam dari nilon, jeans yang ketat, celana ketat tanpa lapisan dari katun atau pakaian lainnya dengan aliran udara yang terbatas merupakan faktor kontribusi dari infeksi jamur ?

Mengenakan celana dari bahan katun dan menghindari pakaian yang disebutkan di atas dapat mengurangi resiko terkena infeksi vagina.

Malas periksa rutin

Banyak wanita beranggapan salah dengan berpikir bahwa bila mereka melakukan pemeriksaan kesehatan, pap smear, maupun mamografi secara teratur, berarti tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Padahal, walau bagaimana pun juga, semua wanita perlu melakukan pemeriksaan kesehatan lengkap, paling tidak satu sampai dua tahun sekali untuk mengetahui kondisi kesehatan lainnya seperti diabetes, jantung dan tekanan darah tinggi/rendah.

Seks tak aman

Yang juga penting diingat adalah jangan melakukan seks yang tidak aman. Walaupun hanya satu kali, tetap dapat menularkan penyakit kelamin seperti HIV/AIDS dan infeksi kelamin vagina lainya. Jangan lupa pil KB dan bentuk kontrasepsi laninya tidak melindungi penyakit kelamin yang dapat menyebabkan masalah kesehatan reproduksi di masa mendatang.

Kurang kalsium

Apakah asupan kalsium anda sudah memadai? Kemungkinannya tidak. Patut dipahami, kalsium tidak hanya penting untuk anak-anak yang masih berada dalam tahap masa pertumbuhan, melainkan juga merupakan nutrisi penting bagi para wanita. Secara signifikan, kalsium terbukti dapat mengurangi gejala PMS (Pre Menstrual Syndrome) dan diperlukan dalam melindungi diri dalam melawan gejala osteoporosis.

Merokok

Merokok dapat meningkatkan gejala penyakit jantung dan kanker. Bagi kaum hawa merokok dapat mengurangi tingkat kesuburan, bisa menyebabkan keguguran, dan masalah reproduksi lainnya.

Jarang olahraga

Sudah banyak penelitian yang menyebutkan, dengan melakukan olahraga teratur selama 30 menit setiap hari secara teratur, terbukti dapat mengurangi risiko terkena penyakit.

Makan berlebih

Makan yang berlebih atau makan makanan cepat saji terlalu sering dapat mnyebabkan berat badan bertambah tanpa terkendali, tekanan darah tinggi, batu empedu, diabetes, dan jantung. Peningkatan kasus batu empedu pada wanita usia 40 tahun berkaitan dengan tingginya kadar lemak yang dikonsumsi.

Istirahat kurang

Yang terpenting perlu anda ingat adalah harus selalu meluangkan waktu untuk beristirahat. Sisihkan waktu untuk relaksasi, membaca buku, berendam air hangat, atau melakukan sesuatu kegiatan yang anda sukai seorang diri.Yang jelas, anda akan merasa lebih baik dan akan terbebas dari stres. (daywalker)

Sumber: http://id.shvoong.com/medicine-and-health/alternative-medicine/18

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 372,555 hits

Arsip

%d blogger menyukai ini: